Frequently Asked Questions SEKOLAH PEMILIH MUDA 2023

Apa itu Sekolah Pemilih Muda?

Sekolah Pemilih Muda adalah pendidikan politik warga negara, terutama generasi muda, dalam rangka penguatan hak-hak pemilih muda yang mesti diperjuangkan oleh para kandidat pemilu 2024.

Siapa penyelenggara Sekolah Pemilih Muda?

Sekolah Pemilih Muda diselenggarakan oleh Next Policy, sebuah lembaga riset dan wadah pemikir (think tank) kebijakan publik di Indonesia.

Siapa peserta Sekolah Pemilih Muda?

Anak muda dari seluruh Indonesia berusia 17-30 tahun yang memiliki hak pilih dalam pemilu 2024 mendatang, baik itu pelajar, mahasiswa, pekerja, atau umum. Peserta merupakan hasil seleksi berdasarkan isian formulir online yang telah diisi oleh para pendaftar.

Berapa peserta yang akan diterima?

Kami menargetkan 30 peserta terpilih. Namun, jumlah tersebut masih mungkin lebih atau kurang tergantung pada hasil seleksi.

Kapan Sekolah Pemilih Muda dilaksanakan?

Setiap hari Sabtu mulai 18 Maret hingga 27 Mei 2023 (9 kali pertemuan) diselingi libur Idul Fitri selama dua minggu. Acuan waktu Indonesia bagian barat (WIB) pada pukul 08.00 s.d. 10.30 di setiap sesi. Perubahan waktu dapat terjadi apabila terdapat kesepakatan bersama antara narasumber dengan seluruh peserta kelas.

Di mana pelaksanaannya?

Seluruh rangkaian Sekolah Pemilih Muda dilakukan secara online via aplikasi Zoom.

Apakah Sekolah Pemilih Muda berbayar?

Gratis.

Apa komitmen yang harus dipenuhi peserta?

Peserta diharapkan mengikuti seluruh rangkaian kelas (maksimal ketidakhadiran dua (2) kali pertemuan) dan menyelesaikan tugas akhir makalah dengan baik. Bagi peserta yang berhalangan sehingga tidak dapat memenuhi komitmen tersebut harus mengkomunikasikannya kepada panitia.

Peserta yang memenuhi komitmen di atas berhak mendapatkan sertifikat dari Next Policy.

Apa benefit yang saya dapatkan dengan mengikuti kegiatan ini?

Banyak kegiatan dengan tema serupa dan berbayar, namun, kegiatan ini 100% gratis! Benefit lainnya, peserta memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu penulis buku yang merupakan kumpulan dari makalah tugas akhir peserta.

Bukunya seperti apa?

Diharapkan Sekolah Pemilih Muda memiliki luaran utama dalam bentuk buku yang merupakan kumpulan makalah terbaik yang telah disusun oleh para peserta dan disunting oleh para editor kami.

Next Policy mengupayakan agar buku tersebut dapat diterbitkan ber-ISBN dan terindeks Google Scholars, baik dicetak sendiri oleh kami atau kami bekerjasama dengan penerbit lain.

Buku yang sudah berhasil terbit akan didiseminasikan kepada publik.

Apa tema dan kriteria penulisan makalah?

Hal ini akan kami jelaskan kepada peserta terpilih pada pertemuan perdana di hari Sabtu, 18 Maret 2023. Yang jelas, makalah ini ditulis dengan kaidah ilmiah.

Tertarik mengikuti Sekolah Pemilih Muda? Silakan daftarkan diri melalui link berikut https://bit.ly/SPMNext2023

Leave a Reply

Your email address will not be published.